Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Bumi Dengan Magnitud 7,2 Mengguncang Perairan Cile

Gempa bumi dengan magnitud 7,2 mengguncang perairan Cile, demikian lapor Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada Senin (26/3/2012) pagi WIB. Gempa tersebut terjadi Minggu pukul 18.37 waktu Cile, atau Senin pukul 05.37 WIB, dengan kedalaman sekitar sepuluh kilometer atau 6,2 mil di bawah laut, jelas laman USGS yang dipantau Antara. Berdasarkan keterangan USGS, titik gempa berada di 35,116 derajat lintang selatan dan 72,658 derajat bujur barat atau di perairan Maule, Cile.

Titik episentrum berada sejauh 98 kilometer di barat laut kota Talca, 194 kilometer di utara kota Concepcion, 244 kilometer di barat daya Valparaiso dan 256 kilometer di barat daya kota Santiago. Sementara itu Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) menjelaskan berdasarkan rekam jejak dan data gempa bumi tidak ada ancaman tsunami pasca-gempa dengan ukuran tersebut.

"Namun gempa bumi dengan kekuatan 7,2 SR terkadang memicu tsunami lokal yang bisa menghancurkan wilayah di sekitar pantai yang berlokasi di jarak ratusan kilometer dari episentrum gempa," jelas PTWC. Badan tersebut menyarankan pemerintah di kawasan untuk waspada terhadap kemungkinan adanya tsunami dan melakukan upaya pencegahan yang telah ditetapkan.

Cile pernah diguncang gempa bumi berkekuatan 8,8 pada skala Richter pada 27 Februari 2010. Gempa tersebut merenggut ratusan korban jiwa dan meruntuhkan bangunan yang ada di sekitar wilayah gempa bumi. Pascagempa bumi tersebut PTWC mengumumkan ancaman tsunami kepada wilayah di Hawaii, Meksiko, Australia dan Jepang.